Rekomendasi Makeup Lokal dan Drugstore 2023

Di penghujung tahun, saya ingin membagikan catatan beberapa makeup yang saya pakai sampai habis sepanjang tahun 2023 ini. Tentu saja gak ada high-end brands karena emang tidak mampu dan pakai makeup high-end brands bukanlah prioritas saya hahaha. Tapi kalau kamu kebetulan punya value hidup yang pakai apa-saja-yang-ada dan sesuai kemampuan atau cari makeup lokal murah, silakan teruskan membaca tulisan ini. 


Rekomendasi Makeup Lokal dan Drugstore 2023


Kurang lebih inilah review makeup lokal terbaik dan termurah 2023 (menurut keuangan saya). Semoga ini juga bisa jadi referensi untuk kamu ya. Oya, apabila ada brand lain yang menurutmu lebih baik, boleh kasih tahu di kolom komentar!

1. Maybelline Fit Me Fresh Tint



Banyak yang gak cocok katanya pakai ini karena konon ada 'sensasi tebal' di muka mereka. Kebetulan di saya sih gak ya. Entahlah apakah karena ada SPF 50-nya jadi orang-orang pakainya sebanyak dua jari kayak pakai sunscreen? Kalau saya, kebetulan tetap pakai sunscreen, dan pakainya tipis tapi merata. Awalnya saya beli ini buat ke Bali dan jujur, praktis banget. Gak banyak touch up, hasilnya udah flawless dan kayak menyatu aja sama kulit. Sebenarnya ingin beli lagi, cuma brand ini kan ... #IYKYK Jadi, kalau ada rekomendasi buat gantiin ini, please kasih tahu ya!

Repurchase? Maybe

Beli di sini


2. Implora Seamless Liquid Foundation




Pas beli foundation dari Implora ini gak expect banyak sih. Belinya pas diskon, jadi cuma sekitar 35 ribu aja dari harga asli 60 ribuan. Murah sekali bukan? Mana isinya 33 ml lagi, sangat worth dibandingkan beli cushion. Coverage-nya sih medium menurutku, walau katanya bisa di-build sampai full coverage. Tapi di aku hasilnya gak flawless, kurang cocok buat daily. Jadi kudu dipakai tipiiiiis banget biar gak medok banget. Selain itu, botolnya dari kaca, jadi buat bepergian kurang aman. Cuma itu aja sih kurangnya.

Repurchase? Maybe

Beli di sini


3. Maybelline Fit Me Matte & Poreless Compact Powder

Lagi-lagi brand ini ya, hahahaha. Jujur sih emang cocok. Kulit saya yang cenderung berminyak bisa kebantu banget kalau pakai produk ini. Sesuai banget sama klaimnya, matte dan poreless. Harganya termasuk terjangkau, pas live sale kadang bisa dapet cuma 40 ribuan aja loh!


 

Tapi lagi-lagi, masih ingin cari penggantinya. Dengan range harga 40-50 ribu, dengan kualitas yang setara, bisa dapat compact powder lokal apa ya?

Repurchase? Maybe



4. Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion



Sebenarnya pakai ini di tahun 2022 akhir, cuma baru nyadar saya gak bikin rekap makeup di 2023. Waktu itu, beli cuma karena FOMO aja sih. Dipakai orang lain bagus, tapi di saya kok kurang ya? Kurang bisa nahan minyak. Ya wajarlah, dari namanya aja demi-mate hahahaha. Mungkin ekspektasi saya agak ketinggian untuk cushion di bawah 200 ribu. Atau saya lebih pilih, foundation sekalian karena isinya lebih banyak.

Repurchase? No! 

Beli di sini



5. Loreal Lash Paradise Mascara



Kayaknya ini bisa dibilang produk maskara viral ya? Soalnya, banyak banget yang review di media sosial. Begonya saya gak cek dulu di Female Daily. Ternyata ratingnya cuma 4,4/5 dari 2.000++ lebih reviewer. Berarti ya gak tokcer-tokcer amat. Emang sih di ada efek volumizing, sesuai klaim. Cuma formula yang ditawarkan bisa kamu dapatkan juga dari maskara Wardah, hahaha. Jadi, next bakal balik Wardah atau cari maskara lokal lain, ada rekomendasi?

Repurchase? No! 

Beli di sini



6. Eyeliner Nacific All Day Wonder Proof Penliner



Tahu gak sih, saya beli ini yang versi sharing, hahahaha. Jadi ada penggemar Stray Kids yang cuma pengen dapet photocard-nya, jadi eyeliner ini dijual murah banget dari harga aslinya (sekitar Rp110 ribu kalau gak salah).

Sejauh pengalaman saya, lumayan gampang pakainya. Gak yang mleyot gitu loh aplikatornya, jadi misal tangannya tremor, gak kecoret jelek gitu. Paham gak ya? Warna hitam pekat dan smudgeproof juga kok. Cuma kalau harus beli dengan harga aslinya, sepertinya gak dulu.


Repurchase? No!

Beli di sini



7. Hanasui Mattedorable Lipcream (Boba Edition)

Kita memasuki part yang penting gak penting. Penting, karena siapa sih yang bisa tahan punya lipstik cuma satu? Pasti pengen pakai banyak warna dari banyak brand dong! Kalau jenis makeup lain, gak masalah lah satu produk satu brand. Tapi lipstik pengecualian hehehe. Agak gak penting, karena ya sekarang hampir semua brand punya lipstik bagus, mulai dari yang murah sampai mahal banget. Jadi ya, bebas aja sih milih yang mana yang cocok, terutama kalau milihnya dari segi warna.






Salah satu lipcream yang paling sering bikin orang nanyain, hahahaha. Warnanya lebih nude dari yang di gambar, jadi cocok buat dijadikan base ombre. Ketahanan relatif oke, jangan berharap lebih dari harga Rp25 ribu. Tapi sejauh ini awet, transferproof juga. Suka sih!

Repurchase? Yes



8. Implora Urban Lip Cream Matte



Implora kok bisa bikin produk bagus dan murah, gimana caranya sih? Asli, masa beli lipcream cuma Rp15 ribu, lebih murah dari jajan es kopi. Anyway, dari ketahanan masih lebih oke Hanasui. Tapi warna-warnanya bagus. Aku beli yang warna cokelat dan merah kayak di foto, cantik banget. Apalagi yang shade Dark Berry ini bisa dibilang red cool tone dan bikin muka cerah. Habis pakai, berasa jadi mbak Taylor Swift, hahahaha.


Repurchase? Maybe

Beli di sini



9. Pinkflash Lip Cream Matte



Masih satu kelas sama Implora, bisa dibeli dengan harga 15 ribuan saja. Plusnya, pilihan warnanya banyak banget! Minusnya, ketahanannya yang paling kurang di antara dua lipcream yang udah disebutin sebelumnya.


Repurchase? No! 

Beli di sini


10. Somethinc Matte Ombrella Lip Totem Tint



Kalau produk yang satu ini, dapat kado dari suami sih. Jadi ya gak rugi-rugi amat. Harganya di website resmi sekitar 59 ribu. Tapi kalau rajin cek flash sale, mungkin bisa dapat harga 40 ribuan aja. Menurut saya, ini lebih kayak lip gloss ketimbang lip tint? Soalnya kesannya kayak yaudah bikin ada efek glossy-nya di bibir, tapi sama sekali gak ada sisa tint tiap kali dipakai makan. Efek mint di bibir jujur juga kurang suka, hehehe. Sayang banget, padahal suka warnanya yang Seoul!


Repurchase? No! 

Beli di sini





Begitulah pandangan atau review saya terhadap beberapa merek makeup lokal murah dan bagus yang saya pakai tahun ini. Bagaimana menurut kalian? Oya, kalau ada yang mau rekomendasi produk lokal terutama, silakan komen ya! 



0 Komentar