Suka Handcrafted Jewelry? Ini Rekomendasinya!

Siapa sih perempuan yang gak suka pakai perhiasan? Sepertinya mayoritas perempuan pasti suka. Entah itu yang terbuat dari emas, perak, maupun stainless steel. Jika bahan emas dirasa mahal, biasanya bahan lain seperti sterling silver, brass (kuningan), dan copper (tembaga) bisa jadi alternatif. Selain jauh lebih murah, biasanya perhiasan dari bahan tersebut punya desain yang unik dan menarik karena dari segi pembuatannya pun relatif lebih mudah.

Beberapa teman yang dekat dengan saya mungkin tahu kalau saya suka dengan handcrafted jewelry atau perhiasan handmade. Di tahun 2015-2016, saya intens memperhatikan pertumbuhan brand jewelry lokal karena punya sedikit minat buat belajar tentang itu. Makanya dulu pernah bikin beberapa desain anting rajut juga (kalau mau intip cek aja di sini hehehe). Karena itu, beberapa orang kadang suka nanyain cincin atau gelang apa sih yang saya pakai. Nah, daripada panjang lebar, mending saya tulis aja rekomendasi brand jewelry Indonesia yang saya suka. 





Rekomendasi Handcrafted Jewelry Indonesia


Beberapa brand jewelry Indonesia yang saya tulis di sini memang sudah pernah saya beli lho! Selain itu, sebagian besar di antaranya saya pernah bertemu dan ngobrol sama owner-nya juga dalam kesempatan craft bazaar atau acara serupa yang sempat saya ikuti. Tenang, hampir semuanya terjangkau. Bisa dibilang daftar ini adalah brand jewelry di bawah 500 ribuan.


1. Charista Bali

Kalau orang ingat Bali dengan keindahan pantainya, maka jangan lupakan Bali dengan segenap kerajinan tangannya. Jadi, kalau ke Bali jangan cuma cari daster bali atau kaus barong aja, tapi cobain jajan kerajinan peraknya juga. 


Seperti brand perhiasan Bali yang satu ini. Asli cantik banget. Ada beberapa yang simpel dan bisa dipakai daily juga. 




2. Studio Tanda

Suka dengan edgy style? Berarti kamu akan cocok dengan brand jewelry lokal yang satu ini.


Masih berlokasi di Bali, Studio Tanda ini digagas oleh sepasang suami istri pelukis dan desainer. Maknya, gak heran semua desainnya unik, terkonsep, dan selalu menghadirkan makna atau pesan.

Kalian yang gak edgy juga bisa pakai kok, misal pakai baju minimalis pun masih masuk dengan perhiasan ini. Bisa jadi semacam fashion statement gak sih?




3. Elli Jewelry

Brand yang satu ini jujur baru kenal sih dan setahuku disukai turis dan punya banyak customer luar negeri. Owner-nya adalah orang Hamburg tapi manufactured di Bali dan punya banyak karyawan di Indonesia.


 
Pernah beli satu produk cincin mereka karena bentuknya kerang dan detailnya bagus, hehehehe. CUTE!




4. Jewel and Tale

Sempat ngobrol dengan owner brand ini di suatu event tahun 2019. Yang punya adalah pasangan suami istri dari Magelang. Awalnya desain yang ditawarkan minimalis gitu, tapi belakangan koleksinya makin berani dan sempat kolaborasi juga dengan Ayla Dimitri, 3mongkis, dan lain-lain.





5. Alive Jewelry

Jogja punya nih! Awal kenal owner brand ini dari event FKY tahun 2018 kalau gak salah karena stand-nya sebelahan. Suka banget konsepnya karena sebagian besar produknya ethical sustainable, sebagian besar dibuat dari scrap wood. Paling suka dengan earthrings series-nya.








6. Henju by Gracy

Sudah follow Henju by Gracy dari zaman follower-nya masi belum 10K, dari zaman mereka baru buka di Etsy. Produk yang ditawarkan kebanyakan adalah wire jewelry dengan aksara Jawa sebagai produk unggulannya. Sebenarnya selain aksara Jawa, ada juga perhiasan dengan beads dan stone juga. Kamu juga bisa customize order dengan nama atau simple quote lho!





7. Stuudio Particular

Siapa bilang perhiasan cuma buat cewek? Brand lokal yang satu ini mencoba mengusung produk unisex jewelry. Jadi, cowok pun bisa pakai. 


Gak hanya itu, desain yang ditawarkan oleh brand yang berdiri tahun 2020 ini juga bisa dibilang seasonless design. Tapi ada juga koleksi mereka yang fashion-able kayak yang satu ini.




8. By Tsu

Baru aja nemu handcrafted jewelry yang cantik asal Jakarta Selatan, namanya By Tsu. Meski terbilang baru karena established in 2022, produknya disebut-sebut good ethic. Selain itu, desainnya bisa dibilang unik dan gak biasa. 





Bagus banget kan beberapa handcrafted jewelry di atas? Paling suka dengan brand atau desain yang mana? Sebenarnya ada beberapa merek jewelry lokal lainnya yang bagus dan terjangkau, sebut saja Dear Me Jewelry, From Tiny Islands, Pandlandwoo, Tymbi & Co, dan masih banyak lagi. Cuma saya belum dapat banyak info apakah brand tersebut bisa disebut handmade jewelry atau bukan. Kalau ada yang tahu, boleh tulis komentar di bawah ya!

Kalau di postingan ini kebanyakan adalah handcrafted jewelry dan sebagian besar didesain oleh brand-nya, next kasih rekomendasi apa lagi ya? Perhiasan yang bling-bling atau bisa buat cincin nikah/tunangan, mungkin?



0 Komentar