Rekomendasi Skincare Lokal dan Drugstore Terbaik dan Termurah 2022

Jelang akhir tahun, seperti biasa di blog saya yang sepi dan gak ada apa-apanya ini, saya mau nulis rekomendasi skincare lokal yang kebetulan saya pakai di sepanjang tahun 2022 ini. Gak banyak sih, tapi finally nemu yang cocok dan bakal repurchase



Rekomendasi Skincare Lokal dan Drugstore 2022


Ini dia review skincare lokal terbaik dan termurah 2022 versi saya. Diurutkan berdasarkan tahapan pemakaian skincare ya! 

1. Cleanface Cleansing Balm

Kalau tahun lalu, saya nyobain produk micellar water-nya, tahun ini saya penasaran dengan cleansing balm-nya. Harganya masih terjangkau, ukuran 20 gram dihargai sekitar 24-25 ribu. Itu pun awet banget sudah 6 bulan, pemakaian sedikit aja bisa melunturkan maskara waterproof. Mungkin karena saya juga jarang full make up kali ya? Overall bagus sih, cukup bersih dan bahkan gak perlu kapas lagi. Beneran hemat jadinya! 

Repurchase? Yes! 



2. Safi Anti Acne Cleanser



Sebenarnya sudah pernah pakai dari tahun kapan--tapi beda seri, cuma baru kali ini review facial wash Safi di blog ini. Beli ini di minimarket seharga 40 ribu karena kepepet, pas sabun muka habis. Cuma baca sekilas bagian belakang tanpa cari tahu review di blog atau di YouTube. Sejauh ini gak ada masalah sih. Jerawat berkurang dan gak bikin kulit kering setelah cuci muka (hampir semua produk facial wash-nya Safi begini!). Masih bingung akan beli lagi atau gak, mengingat gak selalu ada stoknya di minimarket.

Repurchase? Maybe



3. Emina Bright Stuff Face Toner


Waktu mau beli toner, sebenarnya agak ragu. Akhir-akhir ini saya mulai belajar soal skinminimalism, di mana bahwa semakin sedikit produk yang kita pakai, seringnya justru makin baik. Kita juga bisa belajar mengenali kulit kita sendiri, apa jenisnya, apa trigger-nya kalau jerawatan, makanan apa yang harus dihindari, dan seterusnya. Dan toner adalah bisa dibilang sesuatu yang bisa saya skip. Pasalnya, facial wash yang saya pakai pun gak bikin kering dan pH-nya masih aman. Tapi karena ini beli di satu toko, niatnya sekalian gitu, yaudah pilih yang murah aja.
 

Pilihan jatuh ke Emina ini karena yang paling terjangkau. Kalau gak salah, ada kandungan Niacinamide-nya. Baunya lumayan enak dan teksturnya cair seperti pada umumnya toner. Agak melembapkan tapi dalam intensitas yang sedikit aja. Di kulit berminyak pun kurang melembapkan, apalagi di kulit kering? 

Repurchase? No! 



4. Madam Gie Skin Barrier Moisturizer



Meski sempat ketar-ketir karena ada produk Madame Gie yang ditarik dari peredaran, tetep jatuh cinta sih sama moisturizer yang satu ini. Untungnya bukan termasuk produk yang ditarik, fiuuuhhh. Bisa dibilang moisturizer Madame Gie ini cocok untuk kulit berminyak. Walau ada bahan bagus kayak Ceramide, Glycerin, Allantoine, dan sebangsanya, pas dipakai tuh kayak ada 'layer' di muka. Orang yang kulitnya butuh hidrasi lebih, agak kurang sih menurut saya kalau pakai ini. Tapi berhubung kulit saya berminyak dan hanya pakai pelembap di malam hari, saya cocok banget pakai ini! Dalam setahun bahkan sudah habis 2 jar pelembap ini. Murah juga, harga Rp30-40 ribu sudah dapat 50 gram. Sayangnya kemasannya jar kaca gitu, jadi agak kurang enak dibawa bepergian. Belakangan juga agak tergoda mau nyobain pelembap lain tahun depan hahahaha. 

Repurchase? Maybe. 




5. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel


Kayaknya produk sunscreen satu ini terlalu mainstream ya? Viral dan stoknya sering banget habis di mana-mana. Bahkan sekarang ada produk palsunya juga hiksss. Udah murah juga masih bisa-bisanya ada yang malsuin. 

Tapi saya harus akui, produk ini sebagus itu. Tipe hybrid sunscreen yang water base, gak neko-neko dan ternyata cocok di muka saya yang cenderung oily. Gak ada whitecast, cepat nyerap, dan gak bikin perih di mata. Pantes aja di Female Daily dapat rating 4,8/5 dengan 7.000++ lebih reviewer. 

Bisa dibilang ini best purchase tahun ini untuk kategori skincare, setahun udah habis 3 tube. Bakal susah berpaling juga, hahahaha. 

Repurchase? Yes! 




6. Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol


Tampaknya skincare saya jadi upgrade daripada tahun sebelumnya ya, Bund? Apalagi ada produk retinol masuk ke dalam daftar. 
Jadi, sebenarnya skincare yang satu ini tuh kado ulang tahun yang sayang banget sih kalau gak dipakai. Klaim produk Retinol Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol ini sih gentle dan cenderung cukup aman buat yang baru mau coba. Dan ternyata beneran dong! 
Awal pakai agak deg-degan nih. Dulu banget ya pernah nyobain AHA BHA skincare Korea tuh gak cocok, untung belinya share ini jar. Semenjak itu, jadi malas mau coba-coba skincare di luar basic skincare. Jadi, cobalah pakai retinol ini seminggu sekali dulu. Eh, aman, gak ada purging atau iritasi. Pelan-pelan ditambah jadi 2-3 kali seminggu di malam hari. Sejauh ini sih cocok, cuma gak ngeh si udah ngefek buat permasalahan aging atau gaknya. Gak bisa instan juga sih yang jelas. Tapi gara-gara ini jadi terpacu belajar tentang retinol dan pengen lihat merek lain. 

Repurchase? Maybe. 




7. Whitelab Mugwort Pore Claryfing Mask



Tuh kan bener, produk skincare saya jadi upgrade. Bisa-bisanya beli masker wajah, sedangkan diri ini mageran dan hanya pakai sebulan sekali? Hahahaha alhasil udah setahun belum habis juga nih produknya. 


Teksturnya gak bikin kering kok, gak kayak dead clay mask, enak dipakainya. Hasilnya so-so sih, hampir semua masker ya kalau habis dipakai jadi kelihatan bersih sampai ke pori-pori kan ya? Please tell me. Apakah beneran sengaruh itu kandungan Mugwort untung wajah? Mungkin iya karena pas jerawatan pakai ini juga gak perih sama sekali. Tapi akan mikir-mikir untuk beli lagi, mengingat ini harganya Rp70 ribu dan jarang dipakai. 

Repurchase? Maybe





Itulah beberapa merek skincare lokal murah dan bagus yang saya pakai tahun ini. Adakah produk di atas yang kalian pakai juga? Boleh silakan komen ya! 



0 Komentar