Review Skincare Lokal dan Drugstore Terbaik dan Termurah 2021



Berani-beraninya nulis review skincare, padahal bukan beauty blogger. XD Tapi tenang aja, postingan ini bukan syarat biar dapat undangan acara komunitas yang judulnya blogger tapi isinya beauty influencer wanna be. Anggaplah tulisan ini cuma sharing pengalaman setelah pemakaian beberapa produk skincare di tahun 2021. Produknya ini artinya juga bukan produk yang dirilis tahun 2021, tetapi memang produk yang baru saya pakai di tahun 2021. Siapa tahu, ada beberapa orang yang butuh saran produk skincare yang murah dan underated.

Selama pandemi, jujur saya gak sering pakai make up. Beberapa make up sampai kering dan kedaluwarsa. Wajar sekali sih karena emang sejak awal pandemi 2020, keluar rumah cuma hitungan jari. Sisanya diam #dirumahaja. Kebetulan juga kantor full Work From Home (WFH). Senang sih, soalnya jadi bisa hemat budget untuk make up (a.k.a lipstik, bedak, maskara, dsb). Sebagai gantinya, saya sedikit mengalihkan budget make up untuk upgrade beberapa produk skincare.

Nah, berikut beberapa produk skincare yang saya pakai sepanjang tahun 2021. Beberapa di antaranya merupakan skincare lokal dengan harga murah dan beberapa mungkin jarang dibicarain orang. Berikut ini dituliskan berdasarkan urutan pemakaiannya ya. 


1. Clean Face Micellar Water 3 in 1

Kalau kalian mencari produk pembersih wajah lokal yang terjangkau banget, merek yang satu ini mungkin jawabannya. Bayangin aja dong, harga Rp20 ribu udah bisa dapat micellar water ukuran 250 ml lho! Mantap, bisa dipakai gak cuma buat mengangkat kotoran di muka, tapi juga bersihin hati dari iri dan dengki. 

Clean Face ini ternyata masih sister brand-nya Purbasari. Gak heran kalau mampir ke toko official-nya Purbasari di marketplace mana aja, produk ini bakal muncul. 

Sejujurnya gak berharap banyak sama produk ini, tapi ternyata bagus aja kok. Daya bersihnya hampir mirip micellar water-nya Wardah. Mungkin kebetulan karena saya juga bukan pengguna makeup berat juga, jadi gak terlalu butuh micellar water yang nampol dan bersih dalam 2 detik, misal. Untuk yang kulitnya sensitif boleh pikir-pikir lagi karena ada kandungan fragrance-nya. Saya beli yang untuk oily skin, wanginya jeruk segar gitu, enak. 

Repurchase? Yes!

2. Wardah Seaweed Balancing Facial Wash


Tidak pernah punya masalah sih sama Wardah. Tapi pernah gak sih dapat pertanyaan, "Eh, kamu cocok ya pakai Wardah? Kok aku gak ya, gak pernah cocok sama yang halal."

Trus abis itu doi ngeluarin skincare Korea yang hype dan lagi dicobain banyak orang. Dalam hati berkata, "Mbok kalau mau pamer, ya jangan underestimate orang yang pakai Wardah juga, kesian."

Dapat facial wash yang ini sepaket dengan scrub-nya karena hadiah. Pas pakai gak ada keluhan sama sekali. Lagian mungkin karena facial wash itu skincare yang dibilas ya, kadang kalau kulitnya gak sensitif, gak butuh yang bagus-bagus banget. Tapi tenang, ini bukan sabun muka yang bikin kulit kesat kering kayak kanebo gitu kok. Bahkan lebih melembapkan dari facial wash-nya Garnier yang biasa saya pakai. 

Repurchase? Maybe. 


3. Madame Gie Madame Clarify Face Toner


Berawal dari beli gincu-gincu Madam Gie, lalu kepincut dan berpikir, kenapa gak sekalian beli tonernya ya? Murah juga, gak ada 30 ribu. 

Ada dua jenis toner-nya Madam Gie. Satunya lagi warna hijau. Tapi yang saya beli yang ada klaim "revitalizing"-nya. Maklum sudah 30 something

Meski begitu, ya jangan ngarep apa-apa dari produk toner, murah pula. Bahkan pernah lihat bahasan dermatologis di YouTube, skincare yang satu ini sebenernya boleh aja di-skip asal facial wash-nya cocok atau serum dan moisturizer yang dipakai cukup untuk merawat kulit. 

Tidak mendapatkan hasil lebih muda setelah pakai produk ini. Tapi wajah agak lebih cerah aja--karena ada sedikit Niacinamide-nya. 

Repurchase? Maybe.

4. N'Pure Face Toner Centella Asiatica


Agak ragu mau masukin ini, karena untuk ukuran toner, buat saya pribadi, produk ini agak pricey. Tapi tetep dimasukin juga karena harganya Rp100 ribu dibagi dapet 150 ml, berarti harga per ml-nya cuma sekitar Rp600 perak, anggep lah murah ya, lol. Kalau beruntung, sering juga kok dapet di harga Rp70-75 ribu di online shop.

Orang bilang, produk ini dupe dari salah satu skincare Korea, toner-nya Skin1004. Apakah benar? Gak tahu juga karena gak pernah nyoba yang Skin1004, lol. Cuma balik lagi, gak ada yang bisa terlalu diharapkan dari produk toner, walau ini saya akuin hydrating toner yang enak dan wanginya calming. Direkomendasikan untuk yang kulitnya gampang berjerawat juga. 

Repurchase? Maybe.

5. Garnier Light Complete Whitening Serum Cream

Day cream sejuta umat gak sih ini? Kalau biasanya beli versi sachet dan cepet banget abisnya, saya memberanikan diri beli versi jarnya. Masih terjangkau pula, cuma Rp30 ribuan dapet 50 ml. 

Pas dipakai emang kelihatan banget white cast-nya. Wajar udah ada kandungan SPF 36. Untuk yang aktivitasnya cuma di rumah aja, udah cukup banget, sekalipun lupa pakai sunscreen tambahan. 

Repurchase? Maybe.

6. New Cell Night Cream

Unbelievable. Satu kata yang cukup buat menjabarkan produk ini. Awalnya beli karena lagi-lagi satu paket sama produk lain alias si Clean Face Micellar Water. Iyap, produk ini masih satu pabrik sama Purbasari. Gak taunya, cocok! 

Kayaknya ini produk yang underated. Kebanyakan orang malah lebih suka beli eye serum roll on untuk seri ini ya, lebih banyak reviunya. Padahal ini bagus juga. Dipakai sebagai moisturizer di malam hari. Memang awalnya agak lengket pas dipakai dan agak lama nyerapnya. Tapi pas bangun di pagi hari, pegang pipi aduhai terasa lembap dan kenyal. Mana baunya segar dan calming banget :"

Jangan nanyain yang day cream-nya ya, karena gak tertarik nyobain juga. Gak terlalu suka pakai day cream yang terlalu lembap juga. Tapi cobain ini aja, hitung-hitung kayak pakai sleeping mask yang murah versi lokal, budget di bawah 30 ribu bisa 35 gram. 

Repurchase? Yes! 

7. Pond's Night Cream Age Miracle

Masih dalam rangka mencari night cream ya Bund, jadinya tergoda pas liat iklan produk yang satu ini. Katanya sih setara 15x retinol-c dan ada hyaluronic acid sama vitamin b3 complex juga. 

Harga masih bisa dikategorikan murah ya, sekitar Rp25 ribu sampai Rp30 ribu. Tapi monmaap, itu dapetnya tapi yang ukuran 10 gram ya, yang mana gak ada 2 minggu sudah habis hehehe. 

Setelah pemakaian, gak dapet efek apa-apa. Melembapkan juga gak. Apa mungkin saya yang high expectation? 

Repurchase? No. 

8. Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA++++



Tergoda dengan kandungan SPF 50-nya padahal udah jarang keluar rumah, lol. Harga sunscreen lokal yang relatif terjangkau, berkisar Rp60-70 ribu untuk 35 ml. Selain kandungan SPF-nya tinggi, sunscreen Wardah yang satu ini juga paraben free dan alcohol free. Trus juga katanya waterproof sih (belum pernah membuktikannya karena gak pernah dipakai renang). Pas dipakai tetap ada white cast dan masih wajar. Cuma emang ada efek perih di mata. Bagus kok buat yang lagi nyari sunscreen dengan SPF tinggi. 

Repurchase? Maybe.

9. Viva Acne Lotion


Dengan uang Rp10 ribuan aja, kita bisa dapat obat totol jerawat lokal, murah, dan legend ini. Seperti umumnya obat totol jerawat, Viva Acne Lotion ini punya bau khas belerang, cuma berdasarkan pengalaman pribadi, gak semenyengat keluaran Purbasari. Masih bisa ditoleransi. Lumayan berguna buat mengeringkan jerawat, pakai malamnya, niscaya paginya udah kering hehehe. 

Repurchase? Maybe

Gimana? Dari skincare lokal murah di atas, sudah tahu kan mana yang saya rekomendasikan? Atau ada yang pernah pakai juga? Silakan sharing ya atau boleh kasih tahu saya jika ada produk lokal lain yang murah dan wajib coba~


0 Komentar