12 Kopi Enak dan Terfavorit di Jogja

Sama seperti kota besar lainnya, Yogyakarta tidak lepas dari kehidupan berkumpul dan bersosialisasinya. Terlebih lagi, ada banyak kampus dengan puluhan ribu mahasiswa baru di kota ini. Sejalan dengan pariwisatanya, ekonomi Jogja tumbuh dengan berjamurnya banyak kedai kopi atau kafe. Bahkan belakangan hampir setiap minggu selalu ada yang baru, selalu ada kopi enak di Jogja atau kopi hits Jogja. Tak heran jika banyak yang menyebut "Jogja gak bisa diem".

Sebelum melanjutkan tulisan ini, disclaimer dulu. Saya bukan ahli kopi. Kalau saya ahli kopi mungkin saya akan menyebutkan beberapa kafe atau kopi legendaris di Jogja, misalnya Kopi Jos Lik Man, Klinik Kopi, Dongeng Kopi, Legend Coffee, dan sebagainya.

Saya sekadar sepintas lalu tahu tentang jenis-jenis kopi dan beberapa teknik brewing, tetapi tidak lantas menjadikan saya selektif jajan kopi. Mau minum kopi ya minum aja. Syukur-syukur kalau rasanya sesuai selera dan sering ada promonya. Jadi beberapa kopi yang bakalan saya sebut ini juga tersedia di platform delivery atau ojek online.


Kopi Enak dan Terfavorit di Jogja


1. Couvee

Kayaknya semua mahasiswa dan yang tinggal di Jogja, tahu betul brand kopi hits Jogja yang satu ini. Couvee namanya. Inget banget, outlet pertama mereka tuh di Jakal km. 5 yang tempatnya sempit banget. Berawal dari ramai order online atau via aplikasi ojol, Couvee akhirnya berkembang punya beberapa cabang di Jogja, yakni di Seturan, jalan Ahmad Dahlan, Amplaz, dan yang terbaru di Sagan. Bahkan Couvee juga lagi proses buka di Solo lho!




Hampir semua menunya enak parah. Kalau suka yang basic, pesen aja White atau Black-nya. Tapi please cobain juga signature-nya. Kalau suka caffe latte dengan condensed milk yang agak strong (2 shots), kalian bisa pesan Java-nya (my fav!). Kalau suka yang ringan cenderung manis, mending pesan Everyday Latte, Melacca, atau Necta. Duh, hampir semuanya suka gimana dong. Untung range harga-nya masih terjangkau mulai dari Rp20-30 ribu aja.







2. Sebelas Coffee

Salah satu kopi hits juga nih di Jogja, mirip-mirip ama Couvee. Ada banyak cabangnya di Jogja, di antaranya di jalan Kaliurang, Seturan, Monjali, dan masih banyak lagi. Pilihan menunya juga banyak, kalau suka yang pakai gula aren, bisa pesan Neera. Kalau suka caramel, bisa pesan aja Kaara. Cuma satu aja sih kekurangannya. Berdasarkan pengalaman, tiap cabangnya atau mereka nyebutnya "crafter", sorry kadang rasanya suka beda. Pernah ngalamin soalnya yang biji kopinya kerasa kayak gosong. Jadi kalau bisa ningkatin, quality control, bisa nih Sebelas Coffee jadi best coffee shop Jogja juga.


3. Kupiku

Tipikal kopi yang light, jadi kalau kamu cari kopi yang beginner-friendly di Jogja, bisa jadikan Kupiku sebagai pilihan. Paling sering sih pesen yang kopi gula arennya. Pernah pesan yang varian lainnya kayak hampir gak ada bedanya saking mild-nya.  Tapi masih oke dan enak kok, sepadan dengan harganya yang murah banget. Bisa nih dikasih predikat: kopi paling murah di Jogja. Untuk yang ingin dine-in, kalian bisa mampir ke Jl. Anggajaya 1 No.8, Gejayan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581.


4. 28 Coffee

Udah lumayan banyak lho cabang dari kafe 28 Coffee di Jogja, kayak di Seturan, Taman Siswa, dan Godean. Setahu saya, bahkan mereka buka di Klaten dan Balikpapan juga. Range harga masih sama dengan yang lainnya berkisar Rp20-30 ribu aja. Ada banyak kopinya yang enak, tapi salah satu favorit saya adalah Canela Latte. Dari namanya, udah ketahuan ya jenisnya latte, cuma yang bikin beda ada kayak serbuk cinnamon alias kayu manisnya gitu, enak! Pernah nyoba menu lain dan enak semua :3 Prediksi saya, bisa sih ini jadi kompetitor ketatnya Couvee, who knows kan?




5. Kala Coffee & Society

Dari segi harga, emang agak pricey. Masih tergolong baru, tapi rasanya enak banget! Bahkan makanan yang disajikan juga enak. Kalau kalian ke sini wajib cobain juga croffle-nya yang bisa dibilang croffle Jogja legendaris. Atau kalau butuh makan berat, cobain juga nasi goreng roa-nya. Best! Waktu ke sini pesan Salted Caramel, creamy banget tapi nge-blend gitu. Pengen deh ke sini lagi atau mampir ke cabang barunya yang di jalan Magelang, yang Kala Countryside.


6. Cosan

Lokasinya yang strategis (di area kos-kosan gitu), menjadikan kafe ini laris dan ramai dikunjungi. Mana bukanya dari jam 7 pagi pula. Pilihan kopinya banyak dan semuanya enak. Yang demen kopi dengan gula aren bisa pesen Palma, tersedia juga versi lite-nya. Yang suka nuansa salted caramel, bisa pesen Himalaya. Ada pula menu yang cocok buat coffee addict kayak Cosan Bold, yang versi Large-nya beneran 3 shots dong. Selain kopi, croffle-nya enak banget masya Allah! Bisa pilih topping kayak, sirup maple, cinnamon, butter, dan lain-lain. Sayangnya karena terlalu ramai, coffee shop Jogja yang satu ini agak kurang cocok buat nugas atau kerja.




7. JRNY Coffee & Records 

Nemu kafe Journey ini gak sengaja sih awalnya. Gara-gara keseringan mampir ke Puskesmas Depok yang deket sama Moviebox itu loh! Bangunannya 3 lantai, di atas toko distro gitu. Yang dipakai buat kafe cuma lantai 2 dan 3. 

Kopinya standar enak. Yang ringan kayak basic iced kopi atau yang dengan gula aren bisa pilih Psycho Killer. Tersedia bundling dengan menu burger dan hot dog dari Journey Burger. Waktu itu pesan hot dog tapi ternyata pedas merica dengan saus mayo yang juga pedas, jadi gak cocok buat anak-anak. Tempetnya asyik banget buat kerja, gak terlalu ramai. Tersedia toilet dan musala juga di rooftop. 




8. Bura-bura Coffee

Lagi-lagi nyobain kafe karena reviu yang berseliweran di Instagram dan kebetulan lokasinya dekat rumah mertua, tepatnya jadi satu sama Sans Hotel di jalan HOS Cokroaminoto pas banget di bangjo.  Mereka sering bikin promo pagi hari kayak iced latte dan donat cuma Rp25 ribu. Pernah nyoba latte-nya yang strong tapi agak kurang nge-blend. Udah paling bener ke sini pesen, butterscotch latte aja, yang creamy gurih nyoy~




9. Awor Coffee

Yang sering hobi nongkrong di kafe Jogja, pasti gak asing sama Awor. Ada beberapa cabangnya di Palagan, Kaliurang, Terban, Candi Gebang dan bahkan katanya mereka juga buka di Klaten dan Jawa Timur. Termasuk kopi yang laris di ojol juga nih, karena sering promo hehehe. Duit Rp20 ribu bisa buat ngopi berdua, mau nangis gak T.T Kopi susu basic-nya aja enak kok, tapi aku lebih suka pesen Black Summer, jadi kayak americano, soda, dan lemon gitu. Cocok untuk melancarkan pencernaan, bukan?




10. Sirkel Coffee & Space

Gak terhitung sudah kesekian kalinya merekomendasikan tempat ini ke banyak orang. Hahahaha. Karena tempatnya masih baru dan belum ke-exposed kali ya. Jadi gak apa deh, aku tulis di sini biar dapat exposure, kali-kali besok member yang nulis di blog bakal diskon 50% atau free es kopi gitu xD Pertama ke sini pesan kayak es kopi gula aren. Enak sih walau kalau ganti orang yang bikin, suka ganti juga rasanya. 




Favoritku yang di foto di bawah ini, namanya Deep Talk Creamy Koffie. Jadi ada perpaduan espresso, stroberi, dan milk cream. Asli, unik dan seger rasanya! Selain kopi, juga mereka nyediain squash, yogurt, dan aneka minuman tea based. Oya, kalau ke sini, cobain juga Spaghetti Agli O Elio-nya, terutama kalau kalian suka cita rasa cabai bubuk dan sedikit oily.




11. Antologi Collaboractive Space

Beberapa kali ke sini buat nyewa space buat call-meeting pas jadi narasumber webinar. Cocok nih di sini kalau butuh space agak besar dengan koneksi internet yang stabil. Andalanku di sini menu caramel macchiato-nya. Minusnya cuma harganya agak pricey.



12. Toko Kopi Oetama

Sempat hits juga ya belakangan tempat ini. Untuk kamu yang tinggal di wilayah selatan Jogja, tenang ada banyak kopi enak juga kok! Salah satunya ini nih. Yang paling best seller sih es kopi susu permen kapas, manis ala permen gitu tapi enak. Atau kalau mau menu aman, bisa juga pesan yang basic aja kayak kopi susu Toean Oetama atau latte-nya. Sayangnya menu makanannya di sini jarang ready, mungkin kekurangan tenaga buat kitchen. Btw, interior di sini asyik juga buat foto-foto, kayak clean dan classic di waktu bersamaan.






Sebenarnya masih ada beberapa kopi enak di Jogja yang belum saya tambahkan di sini. Udah pernah nyoba tapi lupa tempatnya di mana atau lupa belum pernah foto. Di lain waktu dan di lain kesempatan, bakal menambah daftar di sini. Atau, ada yang mau nambahin? Silakan tinggalkan komentar aja. Jadi, gak ada alasan buat ke Starbucks mulu atau gak ngopi kalau ke Jogja ya!





0 Komentar