Beberapa Alasan Mengapa Sebaiknya Menghapus Akun Twitter



Tengah malam kebangun dan overthinking. Buka Twitter niat cari recehan, eh, malah tambah overthinking. Mau heran tapi itu ... saya.

Tulisan ini juga saya buat tengah malam. Anak dan suami tidur lelap. Saya masih terjaga. Bukannya usaha buat tidur, malah minum kopi hitam. Lalu berpikir, apakah saya nulis semua kegelisahan saja. Tapi rasanya nulis di buku jurnal sudah cukup. Mau curhat di Twitter, eh, lupa udah gak punya Twitter.

Sudah ada 3 bulan sejak saya memantapkan diri menghapus akun Twitter @asya_azalea.






Ternyata tanpa Twitter, saya baik-baik saja. Saya hanya buka Twitter kantor jika berurusan dengan pekerjaan. Padahal sekarang sudah gak ngurusin lagi karena sudah ada teman yang handle urusan social media marketing, jadi beneran hampir gak buka sama sekali.

Ada beberapa alasan mengapa saya menghapus akun Twitter. Penting gak penting sih buat di-share. Tapi yang sudah berencana tidak terlalu bergantung pada media sosial, barangkali tulisan ini akan berguna.


1. Twitter adalah Tempat Sampah Bagi Sebagian Orang.

Tak terkecuali saya sebenarnya. Saya sering berkeluh kesah, komplain ke PLN soal pemadaman listrik, atau sekadar retweet beberapa tweet yang saya amini, yang kesahihannya bisa dibilang melebihi ketika saya nge-tweet sendiri dengan pemikiran yang sama. Ngerti gak sih? Kadang retweet > tweet.

Namun, rupanya ketika semua orang 'nyampah' di sana, saya jadi hanya menemukan, maaf, sampah juga kadang-kadang. Contoh, teman-teman yang saya follow lagi misuhin bosnya, eh, saya baca. Masuklah itu satu dua kalimat negatif dalam otak. Atau misal ada orang nge-tweet entah buat siapa, tapi kondisinya mirip dengan yang kita hadapi, jadilah malah bikin overthinking atau mungkin sampai tersinggung. Belum like dari orang-orang yang twitwar, yang muncul di beranda, yang bikin kadang kepikiran apakah burung bisa berkicau seramai orang-orang di Twitter.

Belum lama ini saya juga mulai menyadari kepribadian saya agak mengarah ke emotional sponge. Saya mudah berempati, gampang ikutan seneng atau gampang merasakan kesedihan orang lain. Celakanya, kalau lihat orang-orang marah-marah di Twitter, saya malah kebawa marah juga. Serem banget.

Maka dari itu, menutup akun Twitter. Lumayan mengurangi potensi masuknya emosi yang sebetulnya gak perlu saya resapi. Toh, kalau sekadar mau 'nyampah', ada yang namanya jurnal juga.

Btw, yang masih suka nyampah, inget-inget sekarang orang HRD suka main ke media sosial juga. Selihai apa pun disembunyikan, mau ganti username, mau di-private, semua bisa terlacak. Jadi, hati-hati aja atau lebih 'berkelas' aja sih nyampahnya. Semisal mau ngejelekin bos atau ex-company, jangan menyudutkan banget. Dunia kerja gak sebesar yang kita bayangkan karena semuanya saling terhubung. Be aware :)


2. Pertama Kali Dapat Hate Comment dari Twitter

Dulu banget ya, pas nerbitin buku 100 Film Terbaik yang Harus Ditonton Sebelum Mati, saya langsung dapat komentar negatif, yang lalu dia hapus dan dia buat tweet baru. Saya paham sih, intinya dia gak terima kalau Twilight masuk list. Sejujurnya, saya juga gak terima :) Cuma saya maklum, mungkin orang itu gak tahu kalau di dunia penerbitan, ada yang namanya naskah pesanan. Ada buku-buku yang dirancang sedemikian rupa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penerbitnya. Jadi, sebagian besar film yang saya tulis daftarnya di buku itu adalah yang diinginkan penerbit.

Saya gak ingat masih simpan screenshot-nya atau gak. Kalau ketemu, akan langsung saya lampirkan di bawah sini.

Setelahnya, saya pernah dapat hate comment juga. Tapi bukan dari orang random. Saya tahu orangnya. Bukan hate comment sih, tapi lebih tepatnya nyinyiran (?) Misal dari pacarnya mantan pacar (yang-sekarang-juga-udah-jadi-mantan-karena-gak-jodoh). Adalah gitu beberapa hal yang secara spesifik tertuju ke saya, dari mulai saya yang demen Taylor Swift sampai nyinggung-nyinggung hadiah boneka. Apa banget deh kalau diinget-inget.

Lainnya juga ada yang justru orang yang yah... saya kenal :) Pernah gak sengaja aja nemu tweet yang merujuk ke saya hehehe. Dan sejak itu saya menyadari, jangan berekspektasi semua orang itu akan baik dengan kita. Kitanya tetap harus baik--walau demi Allah malah gak pernah kepikiran buruk tentang orang itu. Tapi sekalipun dia mungkin terluka dengan sikap kita dan akhirnya milih jadi gak baik sama kita, jadiin aja pelajaran buat berusaha memperbaiki diri. Gitu aja.

Jangan salah, jujur aja, saya tetap sedih dan kecewa pas ngelihat itu. Mau disampaikan ke orangnya tapi kok ya itu tweet dari berbulan-bulan lalu. Gak dipungkiri, mungkin ngefek juga ke interaksi. Tapi ya sudah. Kendalikan saja apa yang bisa dikendalikan. Mengatur ekspektasi orang terhadap kita bukanlah tugas kita. Tetapi mengatur pikiran sendiri masih bisa kita usahakan kan?

Dan saya lebih memilih sekalian menutup akun Twitter. Gak ada lagi cerita nyasar. Gak ada lagi kepo atau nemuin hal-hal yang gak sebenarnya gak perlu saya pikirkan--ya karena gak bisa saya kendalikan juga.


3. Twitter Kehilangan Kelucuannya

Saya ngerti kenapa si Elon Musk beli Twitter.

Yang jelas karena punya duit lah, hahahaha.

Tapi bagi saya, Twitter gak semenarik dulu. Dulu Twitter menarik sekali. Keterbatasan karakter setiap kali nge-tweet jadi kayak tantangan tersendiri buat orang-orang untuk menyampaikan isi pikirannya dalam satu ujaran singkat yang. Creative micro-blogging. Mungkin itu juga yang bikin saya sukarela mengurus akun resmi penerbit walau bukan job-nya, dari yang follower belasan sampai jadi 4.000-an di tahun 2013.

Namun, lima tahun belakangan, dengan makin banyaknya media sosial lain, Twitter ya itu tadi, kurang bisa mewadahi kreativitas. Kayaknya sih penyebabnya jadi gak menarik di mata saya adalah ... udah gak ada #sawityowit. Iya, beberapa kali coba dihidupkan kembali tapi jadinya garing. Lalu, udah gak ada orang-orang yang bikin fiksi mini yang kreatif abis. Belum lagi, banyak juga komika dan komedian yang main Twitter. Jadi hambar banget.

Belakangan malah lebih banyak buzzer dan adu pendapat dari SJW yang melelahkan sekali kalau diikuti. Udah hobi mikir kenapa-makan-kastengel-niatnya-ambil-satu-jadi-ngabisin-sestoples, masih harus mikirin feminisme, kebijakan pemerintah, dan sebangsanya.

Lelah hayati. Tidak overthinker-friendly lah pokoknya.


Sudah sih, kayaknya itu aja. Gak penting banget ya, tapi gak apa juga kan? Lagi pengen nulis aja. Orang-orang pada sibuk bikin artikel "Alasan Harus Main Twitter", "Alasan Twitter Lebih Asyik", atau "Cara Bermain Twitter", eh, saya malah menyarankan buat menghapus akun Twitter, hahahaha


Dear, Facebook. Tunggu giliranmu ya, kelihatannya kamu berikutnya :)

0 Komentar